Bocah 9 Tahun Sumbangkan Uang Receh Hasil Tabungannya untuk Beli APD Tenaga Medis

Seeorang bocah berusia 9tahun bernama Moch Hafidh menyumbangkan hasil tabungannya untuk membantu tenaga medis yang kekurangan alat pelindung diri (APD) saat menangani pasien yang positif terinfeksi corona (Covid-19).

Menurut ibunda Hafidh, Rikoh Rotikoh, anaknya itu telah menabung selama sembilan bulan di dalam celengan kaleng biskuit. Keinginan Hafidh tersebut berasal dari terus meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia serta kabar minimnya APD yang dibutuhkan oleh tenaga medis.

“Hafidh mengungkapkan ingin membantu membeli APD dengan menyumbangkan tabungannya yang Hafidh kumpulkan selama sembilan bulan. Awalnya, tabungan tersebut dikumpulkan untuk membantu biaya pernikahan kakaknya,” kata Rikoh, pada Kamis (16/04/2020).

Rikoh menuturkan bahwa setiap harinya, dia memberikan uang untuk bekal Hafidh sebanyak Rp 2 ribu. Dari uang tersebut Hafidh menyisihkan uangnya untuk ditabung ke dalam celengan kaleng biskuit.

Rikoh bekerja sebagai pedagang bakso, sedangkan suaminya (ayah Hafidh) bekerja sebagai penyedia jasa perbaikan alat teknologi.

Menurut Rikoh, anaknya yang tergerak ingin bisa membantu mempercepat penanganan Virus Corona ini agar segera berakhir. Sehingga, anaknya bisa kembali menjalani kehidupan normal dengan bersekolah serta bermain dengan teman-temannya tanpa adanya pembatasan sosial.

“Hafidh mengatakan wabah virus corona yang menimpa Indonesia ingin segera berakhir supaya bisa bersekolah dan bermain kembali dengan teman-temannya,” kata dia.

Sementara, Kapolsek Dayeuhkolot Kompol Sudrajat mengaku terharu dengan aksi bocah yang berjiwa besar.

Menurut Sudrajat, tabungan dari celengan Hafid itu merupakan sejumlah uang koin (receh) dengan pecahan senilai Rp 100, Rp 500, sampai Rp 1.000.

Total uang yang disumbangkan Hafidh sebanyak Rp 453.300. Sudrajat juga memastikan bahwa sumbangan dari Hafidh akan digunakan untuk pembelian APB bagi tenaga medis yang membutuhkan.

“Kami sangat terharu dengan sikap seorang anak kecil yang berhati besar yang ingin membantu penangan virus corona, tidak semua orang mampu berbuat seperti demikian,” kata dia.

Leave a Comment