Demi Narkoba ‘Tukang Becak’ Rela Curi Pagar Lapangan Merdeka

Pagar besi Lapangan Merdeka Medan, Sumut, sepanjang 10 raib pada pertengahan bulan lalu. Polisi mengusut hilangnya pagar itu dan menangkap dua pelaku yang menyamar sebagai tukang becak saat beraksi untuk mencuri. Kepada polisi, keduanya itu mengaku mencuri pagar itu untuk membeli barang terlarang, yakni narkoba.

Pencurian pagar besi itu dilakukan oleh empat orang pelakum, namun dua pelakunya kabur dan kini masih diburu oleh polisi.

“Dua orang tersangka bernama Muklis dan Ahmad Rizal Lubis ditangkap. Dua orang lainnya bernama Kevin Hulu dan Sulaima masih diburu,” ujar Kapolrestabes Medan Kombes Johnny Eddizon Isir, pada Jumat (01/05/2020).

Pagar besi Lapangan Merdeka Medan, Sumatera Utara, lenyap digasak pencuri.

Isir mengatakan tentang kasus ini dilakukan pada Senin (13/04/2020) pukul 20.00 WIB. Saat aksi pencurian dilakukan, Muklis dan Ahmad menyamar sebagai tukang becak untuk memantau kondisi Lapangan Merdeka.

“Dua yang sudah diamankan menyamar menjadi tukang becak. Mereka bertugas memantau situasi. Sedangkan dua lainnya yang masih DPO sebagai pekerja lapangan merdeka yang bertugas memotong pagar,” ucapnya.

Dari tangan tersangka, polisi berhasil mengamankan sebuah gergaji besi dan becak bermotor. Selain itu, polisi juga menemukan potongan pagar besi lapangan merdeka yang berhasil dicuri.

“Kepada para tersangka dikenakan pasal 363 ayat 2 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan pemberatan. Ancaman hukuman 9 tahun penjara,” jelas Isir.

Polisi mengungkap pelaku melakukan pencurian ini karena membutuhkan uang yang nantinya dipakai untuk membeli narkoba.

“Keempat tersangka membutuhkan uang untuk membeli narkoba,” ujar Isir.

Pagar Lapangan Merdeka sepanjang 10 meter dilaporkan raib tanpa meninggalkan jejak. Hal ini tentunya membuat orang yang lewat heran.

“Laporan tersebut baru saja diterima Polsek Medan Barat,” ujar Kapolsek Medan Barat, Kompol Afdal J.

Afdal menjelaskan bahwa pelapor adalah pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Medan. Sementara hal yang dilaporkan adalah dugaan tindak pidana pencurian.

Untuk diketahui, titik persis pagar yang hilang yaitu di pojok sebelah barat daya Lapangan Merdeka Medan. Berdasarkan pengakuan seorang tukang parkir Lapangan Merdeka Medan, pagar besi diketahui menghilang sejak pekan lalu, tepatnya pada Senin (20/04/2020).

“Pada Senin pagi harinya pagar yang berada di Lapangan Merdeka Medan itu, sudah tidak ada saya lihat lagi dan copot sepanjang 10 meter,” ujarnya.

Leave a Comment