Masjid Seruyan Kalteng di Teror Bom usai Buka Puasa, Pelaku Langsung Ditangkap

Teror bom yang terjadi di Masjid Nurul Yakin, Seruyan, Kalimantan Tengah, pukul 18.20 WIB pada Jumat 1 Mei 2020. Saat itu, marbut masjid menemukan barang yang menyerupai bom. Tak ayal, teror ini langsung menggegerkan Kabupaten Seruyan.

Kapolres Seruyan AKBP Agung Tri Widiantoro menuturkan, berdasarkan hasil CCTV di masjid, benda yang menyerupai bom tersebut diletakkan oleh seorang laki-laki muda dengan mengenakan kaos dan celana pendek bewarna gelap.

Sebelum tiba di masjid, pelaku yang sempat menumpang sebuah sepeda motor Tossa warna kuning.

Kasus ini langsung dilaporkan ke polisi, karena membuat warga setempat merasa resah apalagi di tengah virus mematikan (Virus Corona).

Pada Sabtu (02/05/2020) subuh, Polres Seruyan, Kalimantan Tengah menangkap pelaku teror bom rakitan tersebut.

Agung mengatakan, bahwa penangkapan pelaku teror bom di masjid tersebut ditangkap pukul 04.20 WIB. Pelaku ini berinisial HG alias Iwan (22).

“Pelaku kami tangkap di kediamannya pagi tanpa perlawanan dan langsung dibawa ke Polres Seruyan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya,” kata Agung.

Agung menjelaskan, polisi ini telah memeriksa sejumlah saksi yang ada. Lalu, hasil penyelidikan, pemilik motor Tossa yang ditumpangi Iwan adalah A.

Namun, saat kejadian tersebut, sepeda motor tersebut digunakan oleh TH untuk mengantarkan galon ke Jalan Kapten Mulyono Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan.

Dari keterangan yang diberikan TH, selesai mengantar galon, dia bertemu dengan Iwan yang merupakan teman semasa SMA-nya. Iwan merupakan warga Kampung Kumai, Kuala Pembuang, Kecamatan Seruyan Hilir.

Dikala itu, Iwan yang pertama kali memanggil TH dan mengutarakan maksud ingin menumpang disepeda motor yang dikendarainya sembari memperlihatkan bom kepada TH. Namun, TH mengaku tidak mengindahkannya.

“Iwan meminta tumpangan kepada TH. Sesampainya di pertigaan Apotek Azmi, dia turun, selanjutnya berjalan kaki menuju Masjid Nurul Yaqin dengan membawa benda diduga bom itu yang disembunyikannya di dalam baju bagian depan,” ucap Agung.

Leave a Comment