Nah..Fakta di Balik Bahaya Tidur Tengkurap

Bagi sebagian orang, tidur tengkurap itu menjadi posisi yang nyaman. Bukan hanya saat tidur, orang-orang juga sering menggunakan posisi tengkurap ini ketika membaca atau menonton TV.

Padahal, posisi ini sangat membahayakan bagi kesehatan, terutama jika dilakukan dalam waktu yang lama. Lalu, apa saja bahaya yang mengintai di balik tidur tengkurap?

Tidur tengkurap yang membuat pergerakan seseorang terbatas sehingga menghasilkan tidur yang lebih dalam. Akan tetapi, posisi tersebut bisa memberi beban yang berat terhadap punggung dan leher. Hal ini tentunya akan berbahaya jika diteruskan.

Beberapa bahaya tidur tengkurap yang bisa terjadi, yakni:

  1. Nyeri Tulang Belakang

Tidur tengkurap dapat membuat tulang belakang menjadi tegang karena posisi tengkurap yang dapat mengubah lengkungan alami dari tulang belakang sehingga menyebabkan kaku dan menegang. Ditambah lagi dengan, tekanan pada bagian tengah tubuh yang tidak seimbang akibat posisi tidur tengkurap yang bisa membuat tulang belakang lebih terasa nyeri. Ketika tulang belakang yang nyeri menyebabkan, saraf-saraf tubuh didalamnya pun ikut terpengaruh. Sehingga dampaknya adalah dapat mengalami kesemutan atau mati rasa pada bagian tubuh tertentu saat bangun tidur.

      2. Leher menjadi Kaku dan Nyeri

Ketika tidur tengkurap, Anda akan memiringkan kepala ke kiri ataupun ke kanan agar bisa bernafas legah. Hal tersebut membuat tulang leher dan tulang belakang menjadi tidak sejajar. Leher pun mendapatkan tekanan yang kuat dan menjadi tegang sehingga menimbulkan kaku dan nyeri. Seiring berjalannya waktu, masalah ini juga bisa berkembang karena sendi leher akan bergeser sedikit demi sedikit.

       3. Perut Tidak Nyaman

Tidur tengkurap akan membuat keadaan perut yang tertekan dan terbebani sehingga menyebabkan perut yang terasa tidak aman. Selain itu juga, posisi tidur ini juga dapat memberi tekanan pada organ dalam, terkhususnya jantung dan paru-paru. Pada posisi tengkurap lebih membutuhkan banyak energi untuk tidur sebanyak 25 persen.

       4. Masalah Pernafasan

Bukan hanya perut, dada juga akan mendapat tekanan akibat dari tidur tengkurap. Selain itu juga, otot pernafasan yang akan terpengaruh sehingga memungkinkan akan adanya masalah pernafasan. Bahkan pergerakan tulang rusuk dan diagfragma juga menjadi terbatas akibat posisi tersebut. Ahli-ahli merasa segar dengan posisi tidur tengkurap justru membuat terbangun dengan rasa sakit dan tidak nyaman di berbagai bagian tubuh. Oleh karena itu, posisi tidur menjadi posisi paling buruk bagi kebanyakan orang.

Leave a Comment