Ngeri! Video Ini Perlihatkan Paru-paru Hitam Pekat Akibat Merokok Selama 30 Tahun

beritaindonesiaterkini.net — Perdebatan mengenai kontroversi produk rokok memang sudah lama menjadi perbincangan didunia kesehatan. Hal ini karena kandungan yang ada di dalam rokok memiliki zat yang bisa merusak jaringan-jaringan dalam tubuh manusia. Salah satu yang paling penting yakni terkena dampak paru-paru menghitam.

Baru-baru ini beredar sebuah video yang menjadi viral di media sosial. Video yang menunjukkan bahwa sebuah paru-paru yang berwarna hitam pekat dari seorang perokok yang sudah melakukan kebiasaan buruknya selama 30 tahun. Residu tembakau rokok yang menyumbat paru-paru itu sehingga warnanya tak lagi merah muda. Alhasil paru-paru menjadi pekat dan tak sehat lagi.

Sesudah diselidiki, ternyata memiliki paru-paru mengerikan ini adalah milik seorang pria asal China yang berusia 52 tahun, diduga pria ini meninggal akibat beberapa masalah penyakit pada paru-parunya itu.

Video tersebut yang direkam oleh ahli bedah di Wuxi People’s Hospital di Jiangsu, China dan menjadi viral setelah ditonton 25 juta kali di media sosial.

Diawali dari pasian yang telah mendaftarkan dirinya itu untuk mendonorkan organnya setelah meninggal. Namun, setelah meninggal dinyatakan mati otak dan paru-parunya akan didonasikan, petugas media menyadari bahwa ada yang tak beres, sehingga dilakukan pembedahan untuk penilitian dan operasi terhadap pria itu.

Dilansir dari Daily Mail, pada Selasa (19/11/2019), dokter spesialis bedah, dr Chen yang juga memimpin proses operasi pada pria tersebut menjelaskan bahwa paru-paru itu tak dapat digunakan.

“Tes indeks oksigenasi awal menyatakan baik-baik saja, tetapi ketika kami mengambil organnya, kami menyadari bahwa kami tidak akan dapat menggunakannya,” jelasnya.

Dalam unggahan tersebut, dr Chen yang menuliskan tagar ‘#jieyan‘ dalam arti ‘#berhentimerokok‘.

“Lihatlah paru-paru ini, apakah kamu masih berani merokok?” tulisnya.

Profesor Peter Openshaw dari Institut Jantung dan Paru Nasional di China juga ikut memberikan diagnosanya dan mengatakan bahwa pria itu mengalami emfisema paru-paru. Ini mengakibatkan terjadinya peradangan sehingga membuatnya sesak nafas.

Tim medis yang juga memutuskan untuk menolak paru-paru pria ini untuk transplantasi. Hal ini menjadi pengingat bahwa bagi para perokok untuk cepat berhenti merokok sebelum paru-parunya mnejadi hitam seperti itu.

Leave a Comment