Pemerintah Terima Sumbangan Rp 194 Miliar untuk Tangani Corona

Juru Bicara Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto mengatakan total donasi yang telah diterima oleh pemerintah dari masyarakat untuk penanganan pandemi Virus Corona telah mencapai angka Rp 194 miliar.

“Lebih dari Rp 194 miliar donasi masyarakat yang disumbangkan untuk merespons Covid-19,” kata Achmad saat konferensi pers di Graha BNPB, pada Sabtu (11/04/2020).

Selain dari donasi tersebut, Achmad juga menyebutkan Kementrian Keuangan telah menambahkan jumlah penerima bantuan sosial lewat program kartu sembilan bahan pokok kepada 20 juta orang.

Di sisi lain, kata Achmad, ada sebanyak 18 ribu relawan yang telah bergabung bersama pemerintah dalam penanganan penyebaran Virus Corona. Menurutnya, relawan-relawan itu bergerak pada berbagai bidang.

“Kami tahu banyak relawan ikut bersama, kami untuk menangani Covid-19,” ujar Achmad.

Achmad mengatakan berbagai upaya yang telah dilakukan pemerintah bukan satu-satunya solusi menangani penyebaran Virus Corona. Menurutnya, penanganan penyebaran Virus Corona ini sangat membutuhkan kontribusi dari masyarakat.

“Kami sadari betul bahwa penyakit menular basis penanganan harus pada komunitas, harus kepada masyarakat sebagai ujung tombak dari penyelenggaraan untuk memutus rantai penularan,” katanya.

Sebelumnya, jumlah donasi yang dikumpulkan oleh pemerintah pada Minggu (05/04/2020), sejumlah Rp 82,5 miliar. Donasi itu berasal dari berbagai elemen masyarakat, baik dari lembaga, swadaya hingga perorangan.

Sampai pada hari ini, jumlah pasien yang positif terpapar Virus Corona di Indonesia telah mencapai 3.842 kasus. Dari jumlah tersebut, ada sebanyak 327 orang yang meninggal dunia dan 286 orang yang telah dinyatakan sembuh.

Leave a Comment