Tega! Hanya Karena Uang Kembalian Kurang Rp 200, Driver Online Dikasih Bintang Satu

beritaindonesiaterkini.net — Bergerak pada bidang jasa, driver ojek online tentu saja sangat menggantungkan nasib akan review dari costumer. Terlebih jika costumer memberikan rating bagus, maka orderan juga akan berjalan lancar dan berpotensi dapat bonus dari perusahaan.

tapi, kalau customer memberikan rating jelek, maka orderan juga akan anyep dan pemasukan menjadi sedikit. Masalahnya, banyak costumer yang memberikan rating jelek karena alasan sepele. Seperti yang dialami oleh onjek online bernama Maulana, hanya karena review jelek dari costumernya dirinya sulit mendapatkan orderan selama beberapa waktu.

Penyebabnya hanya karena kembalian uang Rp 200. Ya, si costumer ini tidak terima Maulana tak memberikan uang kembalian 200 perak tersebut, dan memutuskan untuk memberikan rating yang jelek. Akibatnya, sejak tanggal 01 Juni 2020, dirinya kesulitan untuk mendapatkan orderan. Dia awalnya bingung kenapa jarang mendapatkan orderan.

Tega! Hanya Karena Uang Kembalian Kurang Rp 200, Driver Online Dikasih Bintang Satu
Tega! Hanya Karena Uang Kembalian Kurang Rp 200, Driver Online Dikasih Bintang Satu

Saat mengecek penilaian dari pelanggan, barulah dia mengetahui jawabannya itu. Pelanggan berinisial D memberikan rating jelek gara-gara uang kembalian kurang Rp 200. Semua ini bermula ketika pelanggan tersebut membuat orderan senilai Rp 124.800.

Maulana pun langsung mengambil orderan itu, karena situasi ditengah pandemi membuat orderan tak berlimpah seperti dulu. Dia bahkan rela membayarkan uang parkir dari dompetnya sendiri, tanpa membebankan kepada costumer.

Ketika diantarkan, pelanggan membayar dengan uang tunai Rp 200.000. Namun, Maulana menjelaskan bahwa dia tidak membawa uang receh Rp 200. Dia lalu memberikan uang kembalian sebesar Rp 75.000 dan si costumer tidak menolak sama sekali.

‘Pas belanja, saya juga ngasih uang parkir dua ribu rupiah. Saya kira orang tersebut sudah mengerti dan saya lanjut untuk menyelesaikan orderan,’ kata Maulana.

Keanehan mulai terasa keesokan harinya. Maulana tak mendapat satupun orderan. Dia lalu mengecek kolom penilaian dan menemukan adanya rating jelek dari pelanggan berinisial D tadi. Maulana lalu mendatangi costumer itu untuk meminta penjelasan. Namun, costumer ini tidak merasa adanya kesalahan sama sekali dan ngotot bahwa Maulana ini bersalah karena tidak menyiapkan uang kembalian receh.

Akhirnya, Maulana bersama dengan pengendara ojol lainnya ramai-ramai datang kerumah D untuk mengembalikan uang Rp 200. Maulana blak-blakan menjelaskan dampak dari rating jelek yang diberikan oleh D kepada dirinya itu.

Agar orang itu tahu dan mengerti kalau yang dilakukannya itu adalah tindakan salah dan sadar atau tidak dia sudah memutus rezeki seseorang dimana keadaan sedang seperti ini. Bagaimana kalau yang Anda komentari seperti itu orang yang sudah beristri, beranak, mengontrak, dan pekerjaan hanya ojol? Apakah tidak sengsara? tulis Maulana.

Tega! Hanya Karena Uang Kembalian Kurang Rp 200, Driver Online Dikasih Bintang Satu
Tega! Hanya Karena Uang Kembalian Kurang Rp 200, Driver Online Dikasih Bintang Satu

Akhirnya, D pun meminta maaf kepada Maulana karena sudah memberikan rating jelek hanya karena masalah sepele. Meskipun masalah ini sudah selesai dan kedua belah pihak sudah saling memaafkan, namun netizen masih saja geram.

widyatamab: 200 perak diperebutkan semoga di ganti berlipat ganda oleh Allah

annaarikha__: 200 perak jaman sekarang beli permen aja udah ga dapet kok dipermasalahin sampe ngasih bintang 1

virdaaaaaa: pendek umur buat costomer gada akhlak macam tu.. saya salah satu pengguna jasa ojek onlen merasa miris.. saya ga kaya kok setiap saya pesan setidak nya saya sisih kan 5000/10000 buat tip bapak ojek nya.. ini masalah 200 perak.. saya nyadar banget.. duit 5000 kalo saya yg make pasti sepele.. tapi kalau bagi abang2 yg lagi ngojek duit tu sangat berharga… bayangin betapa seneng nya mereka pulang disambut anak istri nya sambil dia bawa duit dari seharian kerja.. astaghfirullah..

dizzfebrian: Pas ngasih Setoples 200 Perak nya malu malu gimana tuh customer wkwkwk

imamsarodjo: Untuk kedepannya temen2 pengguna jasa ojol, rating bagi kami sangat penting menentukan jumlah penerimaan order dikemudian hari. Mohon untuk lebih bijak ya sobat ojol.

Inilah pentingnya bagi manusia untuk memiliki rasa kemanusiaan. Sadari bahwa kamu bukanlah pusat alam semesta, sehingga harus kamu yang didewakan oleh oranglain. Semoga kasus kayak ini tidak terjadi lagi ya.

Leave a Comment