Update Virus Corona Sumatera Utara: 90 Positif, 8 Sembuh, 8 Meninggal

Kasus Virus Corona (Covid-19) di Sumatera Utara yang terus bertambah hingga mencapai 90 orang pada Sabtu (11/04/2020).

Pasien tersebut masing-masing di tes melalui swab, ada sebanyak 65 orang dan 25 orang dinyatakan positif melal

“Dari hari ke hari ada saja ditemukan Covid-19 positif yang baru. Untuk Covid-19 positif yang sembuh ada 8 orang dan positif Covid-19 yang meninggal dunia ada 8 orang. Sedangkan PDP ada 149 orang,” kata Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara, Whiko Irwan.

Whiko yang menjelaskan Pemprov Sumut sendiri yang kembali menerima bantuan masker dan Alat Pelindung Diri (ADP) dari pemerintah Pusat pada Jumat (10/04/2020), di Lanud Suwondo Medan. Bantuan yang ada sebanyak 10.000 ADP dan 6.000 masker itu diangkut menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU.

“Tentunya bantuan ini sangat membantu kita di Sumut. APD akan segera disalurkan ke rumah sakit rujukan di seluruh kabupaten/kota untuk perlindungan tenaga medis yang merupakan garda terdepan,” ujarnya.

Whiko yang tetap mengingatkan masyarakat untuk menggunakan masker bila keluar rumah. Masker yang tidak hanya dipakai bagi orang sakit, tetapi juga untuk orang yang sehat. Karena 90 persennya jumlah yang terinfeksi karena droplet dari mata, hidung dan juga mulut.


”Masker kain tiga lapis dapat melindungi masyarakat sampai 70 persen. Gejala demam tinggi, batuk, sesak nafas belum tentu dirasakan oleh semua penderita Covid-19. Gejala ini dapat menularkan kembali pada orang di sekitarnya, terutama orang tua serta orang dengan imunitas rendah. Itu sebabnya kita harus memakai masker,” ujarnya.

Leave a Comment