WHO Sebutkan Tiga Vaksin Telah Diuji ke Manusia

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa saat ini ada 70 vaksin Virus Corona yang sedang dalam pengembangan. Tiga diantaranya sudah diuji coba pada manusia.

Satu vaksin diuji klinis oleh perusahaan CanSino Biologics Inc dan Beijing Institude of Biotechnology.

Berdasarkan dari data WHO, ada dua vaksin lainnya diujikan pada manusia oleh produsen obat Amerika Serikat Moderna Inc dan Inovio Pharmaceuticals Inc.

Vaksin itu dikembangkan dengan kecepatan yang luarbiasa dimana saat ini dunia tengah berpacu dengan waktu untuk menaklukan Virus Corona.

Beberapa perusahaan obat yang juga meyakini dapat menyelesaikan pembuatan vaksin secepat mungkin. Biasanya pengembangan vaksin membutuhkan waktu sekitar 10 sampai 15 tahun.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus menjelaskan bahwa vaksin merupakan salah satu cara paling efektif untuk menghentikan penyebaran Virus Corona yang telah menewaskan lebih dari 119 ribu orang di seluruh dunia.

Virus mematikan tersebut sulit untuk dihilangkan jika hanya mengandalkan tindakan pengendalian seperti menjaga jarak maupun lockdown.

“Keterhubungan global itu artinya meningkatkan risiko penularan dan kebangkitan Covid-19 akan terus berlanjut,” kata Ghebreyesus.

Kata dia, vaksin yang sangat diperlukan untuk menghentikan transmisi sepenuhnya.

Sampai kini, Virus Corona telah menginfeksi 1.923.858 orang lebih dari 200 negara. Dari jumlah tersebut, 119.599 orang meninggal dunia, dan 444.017 telah dinyatakan sembuh.

Leave a Comment